Senin, 03 Oktober 2011

Regulator Gas dengan Pengaman Tambahan

Regulator anda sering  nge-sesss”? Penyebabnya adalah karet seal bawaan tabung gas yang jelek. HATI-HATI karet seal yang jelek ini biang utama penyebab kebocoran gas yang dapat mengakibatkan ledakan.
Sebagus apapun regulator anda, bila karet seal ini jelek tidak ada artinya

Regulator yang umum di jual di pasaran saat ini yang  harganya mahalpun tidak  dilengkapi karet pengaman tambahan di regulatornya sehingga sambungan antara tabung gas dengan regulator hanya mengandalkan karet seal yang ada di lubang tabung gas yang belum tentu rapat sempurna. Produk kami (NIS dan DESTEC) dilengkapi dengan karet pengaman tambahan di lubang regulatornya sehingga bila karet sealnya jelekpun atau tanpa karet seal sekalipun gas tidak akan bocor. Bahkan untuk DESTEC sambungan dengan tabung gas berbentuk ulir sehingga tidak akan miring dan goyang.

 
Ada juga orang yang menggunakan penahan/pengaman atau ada yang menyebut "Catok gas" dengan harapan bisa mencegah kebocoran dari sambungan dengan tabung gas. Apakah alat tersebut bisa membantu? Jelas sekali tidak membantu, karena kalau karet seal bawaan yang ada di dalam lubang tabung gas tidak bagus/sudah rusak (dan sering kali tidak standar), maka penahan ini tidak akan ada gunanya. Memang alat ini bisa mencegah supaya regulator tidak goyang atau miring, tetapi sekali lagi..tidak akan menghentikan kebocoran gas, malahan bisa merusak regulator, karena bagian atas regulator tidak di-design untuk ditekan dengan catok gas tsb.