Minggu, 02 Oktober 2011

Cara aman menggunakan kompor gas


tabunggas


Komponen utama yang sebagai sumber bahan bakar dari kompor gas adalah tabung gas yang berupa tangki seperti gambar di samping ini. Tangki kompor gas diproduksi dan diisi gas elpiji oleh Pertamina. Untuk ukuran klas rumah tangga volumenya ada yang 12 kg (besar), dan 3 kg (kecil). Dari sinilah sumber dari kecelakaan kompor gas bisa terjadi, karena gas elpiji sangat sensitif terhadap api. Untuk itu perlu kehati-hatian.

Cara menangani keamanan pada tangki/tabung gas elpiji
Kalau anda membeli tabung/tangki gas elpiji yang harus anda lakukan adalah sebabagai berikut :

1. Pilih tangki/tabung yang bagus, tidak cacat. Hindari tabung yang karatan dsb.
2. Periksa segel dalam kondi baik.
Periksa tangki/tabung gas bocor apa tidak?
Untuk mengetahui kebocoran dapat dilakukan :
1. Pasang penciuman anda apakah ada bau gas? Kalau ada dapat dipastikan tabung gas anda bocor.
2. Benamkan tabung gas kedalam air, ada muncul gelembung-gelembung (prupus-prupus), itu tanda tabung gas bocor.
Kalau yang tersebut terjadi segera tukar/kembalilkan tabung gas kepada penjualnya.

Regulator Kompor gas


Komponen utama kedua adalah regulator yang berfungsi sebagai kran atau katup pengatur buka-tutup gas. Regulator ini dipasang  ke pala tabung gas. Kadangkala memasang komponen regulator itu gampang - gampang susah. Terkadang regulator suka berdesis. Regulator tidak berdesis tetapi kompor dinyalakan tidak mau menyala.

Regulator berdesis/ngeses disebabkan oleh kebocoran gas di sambungan antara regulator dan lubang tabung gas. Hal ini karena seringkali karet seal yang terdapat di dalam lubang tabung gas tidak bagus atas sudah rusak. Parahnya karet seal ini tidak diperiksa oleh petugas pengisian sehingga seringkali karet sealnya tidak standar dan dibiarkan meskipun sudah tidak layak pakai. Sehingga seringkali kita kesulitan waktu mengganti tabung gas bila kebetulan mendapat tabung yang karetnya jelek.

Sebenarnya bocornya gas akibat jeleknya karet seal ini bisa dicegah bila kita memakai regulator yang dilengkapi karet pengaman seperti produk NIS dan DESTEC. Pada kedua produk ini meskipun karet seal jelek atau tanpa karet seal sekalipun gas masih akan tertahan oleh karet pengaman sehingga tidak akan terjadi kebocoran. Lihat tayangan video di bawah ini: